Minggu, 01 Februari 2015

Semangat Tinggi Meneruskan Sekolah Para Siswa SMP Kristen 1 Wonosobo


Tanggal : 31 Januari 2015 
Pemateri :       dr. M. Riyanto, M.Kes
                           Retno Eko S.N, S.Sos, M.M
                           Ch Santi Setyaningrum


Kegiatan Wonosobo Sekolah di SMP Kristen 1 Wonosobo diikuti oleh  40 siswa yang terdiri dari 22 siswa kelas 7, 6 siswa kelas 8, dan 12 siswa kelas 9. Ini merupakan jumlah total yang ada di SMP Kristen 1 Wonosobo dan mengingat jumlahnya yang sedikit, kepala sekolah SMP Kristen 1 Wonosobo mengikutkan semua siswa dengan harapan siswa kelas 7 dan kelas 8 juga mempunyai semangat untuk meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. 

Siswa di SMP Kristen 1 Wonosobo ternyata memiliki semangat yang tinggi untuk meneruskan semangat ke jenjang yang lebih tinggi, terbukti dari antusias mereka dalam mengikuti sosialisasi. Mereka memberikan tanggapan positif tentang materi yang disampaikan oleh pembicara. Materi yang diberikan merupakan sharing pengalaman dan motivasi untuk belajar dari pemateri. Siswa SMP Kristen 1 Wonosobo sebenernya sudah mempunyai semangat untuk melanjutkan sekolah, terbukti dari cita-cita mereka yang tinggi, namun mereka berfikir tentang biaya ekonomi. Kemudian dr. Riyanto menceritakan pengalamannya yang menggunakan berbagai talenta yang ia punya agar ia dapat membantu membiayai kuliah kedokterannya yang terkenal tidak murah karena saat beliau kuliah, beliau sudah ditinggalkan oleh ayahnya. dr. Riyatno juga memberi gambaran bahwa ada tiga ketakutan selain takut akan Tuhan, yaitu ketakutan fisik, ketakutan mental, dan takut tidak mampu. Beliau menekankan kepada siswa-siswi bahwa mereka harus percaya diri dan bersyukur dengan apa yang telah mereka punya. Bu Retno juga berbagi pengalaman dan memberikan sedikit gambaran tentang STPDN, begitu juga Santi yang mahasiswa juga memberi motivasi agar anak-anak giat belajar guna mencapai cita-cita mereka.

Namun begitu tak sedikit pula siswa yang yang bersekolah hanya karena keinginan orang tua, bukan berasal dari keinginan mereka sendiri. Maka kepala sekolah SMP Kristen 1 sangat mendukung sosialisasi ini, dan menurut beliau, ini merupakan langkah tepat untuk meningkatkan kemauan siswa siswi untuk bersekolah, diharapkan untuk ke depannya bisa lebih di kembang kan juga melibatkan tidak hanya mahasiswa dari PTN juga dari PTS mungkin bisa ikut memberikan motivasi bagi anak-anak. Juga karena sebagian besar kendala anak dalam melanjutkan sekolah adalah tentang biaya, maka orang tua / wali murid juga perlu diberikan pengertian tentang pentingnya pendidikan bagi anak dan beasiswa bagi anak-anak sekolah karena jika seorang anak mempunyai semangat yang tinggi untuk melanjutkan sekolahnya akan percuma jika tidak didukung oleh orang tua.

(Ch Santi Setyaningrum)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar