Senin, 09 Februari 2015

Siswa SMP 3 Kaliwiro Antusias Menyambut Sobolah


Kaliwiro, 31 Januari 2015

Kegiatan Wonosobo Sekolah yang digawangi oleh alumni Universitas Gadjah Mada dan alumni IPDN salah satunya diadakan di SMP 3 Kaliwiro. Pembicara di SMP 3 Kaliwiro adalah Dwi Saraswati (alumni IPDN), Eko (alumni IPDN), dan Unik Dian (mahasiswa Unnes). Karena pembicara tiba di SMP 3 Kaliwiro pukul 08.30, acara bisa dimulai pukul 09.00 sesuai seperti rencana awal. Sebelum acara dimulai, ketiga pembicara berbincang-bincang dengan kepala sekolah dan beberapa guru.

Selanjutnya, karena persiapan yang kurang, ketiga pembicara melakukan koordinasi di ruangan yang di dalamnya sudah terdapat siswa siswi kelas 9. Acara diadakan di sebuah ruangan yang terlihat seperti bekas laboratorium namun diubah menjadi aula kecil. Karena tempatnya yang kurang luas, para peserta yang terdiri kurang lebih sembilan puluh siswa duduk lesehan di atas karpet yang tertata rapi. Beberapa guru juga mengikuti acara dengan duduk di belakang barisan bersama siswa lain.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMP 3 Kaliwiro, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan oleh Dwi Saraswati, perkenalan meliputi pengenalan kegiatan dan perkenalan masing-masing pembicara. Materi pertama yang disampaikan setelah perkenalan adalah tentang cara belajar efektif yang disampaikan oleh Unik Dian, materi tersebut berisi bagaimana cara menumbuhkan semangat belajar dan cara-cara agar kegiatan belajar bisa seefektif mungkin.

Dilanjutkan dengan materi motivasi oleh Dwi Saraswati yang memotivasi siswa untuk meraih cita-cita dan penayangan video-video motivasi. Materi akhir adalah berbagi pengalaman yang disampaikan oleh Eko. Selama acara dilaksanakan, peserta terlihat antusias. Dengan banyaknya anak yang bertanya dan berani untuk berpendapat di hadapan teman-temannya, membuktikan bahwa para peserta menyambut baik acara ini.

Untuk menarik minat para peserta, ketiga pembicara juga memberikan doorprize yang diberikan sepanjang acara berupa coklat dan minuman kemasan. Sesi berbagi cerita dari Eko juga menarik perhatian karena para peserta tertarik dengan pengalaman pembicara ketika berada di luar negeri.

Di akhir acara, banyak peserta yang bertanya mengenai bagaimana cara memilih jurusan yang tepat baik ketika berada di bangku SMA maupun ketika kuliah. Banyak siswa yang ternyata belum mengerti perbedaan antara pendidikan di SMA dan SMK, banyak juga yang masih bingung mengenai sistem untuk masuk ke bangku perkuliahan seperti bagaimana caranya jika ingin menjadi polisi, pramugari, maupun bagaimana caranya untuk masuk jurusan seni tari.

Materi mengenai seluk beluk beasiswa tidak disampaikan secara rinci karena persiapan yang kurang dan keterbatasan waktu. Meski begitu, sedikit beasiswa di perkuliahan telah disampaikan oleh Unik Dian saat materi cara belajar efektif maupun ketika menjawab pertanyaan dari siswa. Di akhir acara, kepala sekolah menyampaikan simpulan dan penutup.


Acara yang tadinya direncanakan berakhir pada pukul 11.00 mundur dan berakhir pada pukul 11.30 karena banyaknya pertanyaan dari siswa yang harus dijawab. Kegiatan ini ditutup dengan acara foto bersama para siswa dan para guru. Antusias siswa masih terlihat hingga akhir kegiatan. (Unik Dian Cahyawati)

2 komentar:

  1. Kereennn bat SMPN 3 KALIWIRO. Slm bat bu ernani sl,bu yuni astuti,mas sugiat,mas tulus,pak arif guru ekonomi yg pndai pantomin. Ri murid mu iin suyono rhasbani alumni 2003 2005

    BalasHapus